Implementasi Sistem Pelayanan dan Pengaduan di Satpol PP Kabupaten Oku Timur

Main Article Content

Rindy Putri Hapsari

Abstract

Pemerintah berkewajiban memberi public service yang berkualitas bagi khalayak. Untuk mewujudkan hal itu, Satpol PP Kabupaten OKU Timur menciptakan inovasi berupa Sistem Pelayanan dan Pengaduan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (SIP PAKAM) berbasis online. Harapannya dengan SIP PAKAM masyarakat Kabupaten OKU Timur ebih mudah mengakses pelayanan dan melakukan pengaduan. Sehingga Satgas SIP PAKAM dapat segera mengatasi pengaduan masyarakat dengan lebih cepat, tepat dan optimal.  Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana implementasi SIP PAKAM di Satpol PP Kabupaten OKU Timur. Kajian ini memanfaatkan metode kualitatif deskriptif, dan proses penghimpunan data memakai teknik dokumentasi, pengamatan, dan interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi SIP PAKAM telah berjalan dengan baik berdasarkan empat variebel implementasi oleh Edward III seperti komunikasi antar pelakasana SIP PAKAM yang sudah terjalin dengan lancar, adanya sumber daya manusia yang sudah kompeten sesuai bidangnya, sikap implementator terutama Satgas Satpol PP yang melaksanakan tugas dan fungsinya dengan disiplin dan sesuasi SOP serta masyarakat yang sudah mulai banyak mengakses layanan SIP PAKAM. Namun terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti penyedian sarana prasarana yang lebih lengkap dan sosialisasi mengenai SIP PAKAM yang lebih luas hingga level desa di Kabupaten Kabupaten OKU Timur agar lebih banyak Masyarakat mengetahui dan dapat mengaskes layanan SIP PAKAM.

Article Details

How to Cite
PUTRI HAPSARI, Rindy. Implementasi Sistem Pelayanan dan Pengaduan di Satpol PP Kabupaten Oku Timur. Iapa Proceedings Conference, [S.l.], p. 355-374, oct. 2024. ISSN 2686-6250. Available at: <https://journal.iapa.or.id/proceedings/article/view/1064>. Date accessed: 14 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.30589/proceedings.2024.1064.
Section
Articles