Hiperrealitas Pengunjung Objek Wisata Ala Luar Negeri di Instagram
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses terjadinya hiperrealitas yang dilakukan oleh pengunjung obyek wisata ala luar negeri di Instagram. Penelitian ini menggunakan teori hyperrealitas, simulakra dan simulasi oleh Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penarik hiperrealitas yang dilakukan oleh pengunjung pada obyek wisata ala luar negeri di Instagram, diantaranya adalah tren postingan foto instagramable, pengaruh lingkungan pertemanan, maraknya pembangunan obyek wisata swafoto, dan hobi travelling. Sedangkan bentuk-bentuk hiperrealitas yang dilakukan oleh pengujung diantaranya, 1) mengkonsumsi tanda; atraksi berswafoto selama wisata, mengunggah foto di Instagram, 2) peningkatan pengetahuan estetika dalam menggunakan Instagram; menggunakan editing foto, membuat caption yang menarik, 3) budaya konsumen; kecanduan mengunjungi spot foto Instagramable dan berwisata sebagai bagian dari gaya hidup.