Efektivitas Kinerja Pegawai pada Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Ilir Timur Satu Palembang
Main Article Content
Abstract
Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah mencakup pelayanan masyarakat dan pelayanan administrasi, keduanya beriringan dalam mewujudkan kinerja pelayanan yang baik (good performance) dalam pemerintahan. Efektivitas kinerja pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik dengan kualitas yang baik diharapkan mampu untuk menjamin percepatan, kelancaran, pelayanan terhadap masyarakat baik dan tepat. Sebagai sebuah organisasi administratif yang hidup dan melayani masyarakat yang penuh dinamika, tentunya akan banyak mengalami masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji dan menganalisis serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat efektivitas kinerja pegawai. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu untuk menganalisa efektivitas kinerja pegawai pada pelayanan administrasi di Kecamatan Ilir Satu Palembang. Pada penelitian ini, penulis melakukan pengumpulan data dari lapangan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data dan informasi yang valid. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan pada layanan yang diberikan oleh pegawai di Kecamatan Ilir Timur Satu masih belum optimal, dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana yang tidak memadai sehingga sulit menyelesaikan pekerjaan yang baik dan cepat. Saran dari penulis agar pemerintah memberikan kualitas terhadap pelayanan publik dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung pelayanan pada masyarakat berjalan dengan lancar.