Digitalisasi Pelayanan Publik dalam Sektor Pelayanan Kependudukan
Main Article Content
Abstract
Pemerintah di Indonesia saat ini sedang mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat terkhusus sektor kependudukan secara efektif dan efesien, perubahan dari tradisional goverment menjadi e-goverment (electronic goverment) adalah langkah awal bagi pemerintah merombak keseluruhan sistem pelayanan berbasis paper-based ke paper-less. Studi ini dibuat untuk menggambarkan perspektif dari masyarakat tentang program digitalisasi yang sangat membantu dan mempermudah mereka dalam mengakses layanan publik, terutama masyarakat yang tinggal di pelosok daerah yang jauh dari perkotaan, serta memberikan saran kepada pemerintah untuk mendukung penuh program digitalisasi bisa terlaksana dan berjalan seiring waktu dan zaman yang semakin terus berkembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) program digitalisasi pelayanan publik dalam sektor kependudukan adalah hal yang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dari unsur-unsur gratifikasi dan pungli, serta memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tinggal di pelosok daerah untuk mengakses pelayanan publik dengan lebih cepat tanpa memikirkan ongkos transportasi yang memang menjadi kendala masyarakat desa. (2) teknologi juga meningkatkan layanan publik, menjadikannya lebih tepat guna, efektif, dan relevan. Karena itu, layanan publik menjadi lebih terjangkau dan responsif. Saran dari adanya penelitian ini adalah diharapkan pemerintah juga melakukan digitalisasi di semua sektor pelayanan publik lainnya di Indonesia, memberdayakan generasi muda untuk membantu memajukan transformasi era digital, serta mengawasi program digitalisasi yang telah ada agar tetap transparansi dan bebas dari unsur-unsur gratifikasi dan pungli.